Langsung ke konten utama

Atap Rumah Minimalis

 Rumah ialah investasi yang memberikan keuntungan. Harga rumah yang alami animo dari tahun ke tahun membuat investasi rumah makin disukai. Rumah sebagai salah satu investasi yang fisik dapat ditempati oleh pemiliknya. Tidak berasa jika kita sudah masuk musim penghujan mendekati akhir tahun. Masuk musim hujan, pasti Anda harus menyiapkan semua sesuatunya supaya beberapa hal yang tidak diharapkan tidak ada.

Atap Rumah Minimalis


Pada suatu rumah, ada sebuah bagian utama yang bisa membuat perlindungan Anda dari teriknya panas matahari dan deras hujan. Elemen itu ialah atap rumah. Atap rumah sebagai satu elemen yang tidak kalah keutamaan dengan elemen yang lain ada pada rumah.

Sama seperti yang sudah diterangkan di atas, jika atap rumah sebagai elemen pada rumah yang banyak memiliki peranan. Berikut sejumlah peranan dari atap rumah :

Cuaca jelek sering saja tiba tidak dapat Anda sangka awalnya. Cuaca jelek bisa berbentuk kemarau panjang atau hujan badai. Hal itu sudah pasti dapat memengaruhi kesehatan Anda. Di saat cuaca jelek itu, karena itu keputusan yang pas ialah cari tempat berlindung. Anda memerlukan sebuah lokasi yang dapat memayungi Anda dari teriknya panas matahari pada siang hari atau deras hujan di musim hujan.

Rumah adalah lokasi yang pas untuk Anda bernaung. Sebuah rumah tidak nyaman ditempati bila tanpa atap. Atap rumah berperan supaya rumah dapat jalankan perannya sebagai tempat tempat tinggal yang nyaman dan tempat berlindung dan membuat perlindungan diri dari cuaca jelek.

Atap rumah berperan sebagai perlindungan membuat perlindungan jiwa Anda dan keluarga. Atap berperan seperti "helm" yang membuat perlindungan kepala Anda. Karena ada sebuah atap, karena itu suatu hal yang jatuh di atas dan yang mempunyai potensi mencederai Anda makin terminimalisir. Atap dapat jadi pelindungan dari maling yang ingin masuk ke rumah tanpa melalui pagar dan pintu. Makin kuat dan rapi atap rumah, karena itu makin susah kekuatan maling dapat masuk ke rumah Anda. Seringkali

Seperti seorang wanita yang jadikan rambut sebagai "mahkota", karena itu atap rumah berperan seperti "mahkota" yang berperan untuk percantik penampilan rumah. Mode dan design atap rumah tentukan penampilan sebuah rumah. Banyak mode dan design atap rumah minimalis dan modern yang dapat menjadi rekomendasi. Dengan demikian, karena itu Anda dapat percantik exterior rumah Anda supaya makin cantik dilihat mata.

Sudah pernahkah Anda mengetahui jika atap rumah modern benar-benar jauh berbeda dengan atap rumah konservatif? Anda mulai bisa memperhatikan beberapa design atap rumah minimalis tahun 2021 dengan rumah pada beberapa dasawarsa kemarin. Kelihatan jika ada perubahan trend atap rumah ikuti peralihan detil pada rumah minimalis modern. Ketidaksamaan itu kelihatan 180 derajat berlainan dibanding dengan rumah tua. Apa ketidaksamaan atap rumah tua dengan rumah modern?

Seperti design rumah minimalis secara umum, design atap rumah modern secara umum makin simpel. Ya, bentuknya demikian simpel tanpa ornament apa saja, tetapi karena kesederhanaannya itu membuat atap rumah minimalis makin artistik. Umumnya atap rumah minimalis ikuti aturan rumah minimalis yang sederhana dan artistik.


Sama seperti yang sudah diterangkan pada point di atas jika design atap rumah minimalis modern ikuti aturan design rumah minimalis. Salah satunya "bahasa" design rumah minimalis ialah simetris. Design atap rumah minimalis biasanya simetris. Simetris maknanya cuman lempeng saja tanpa lekukan-lekukan yang terlalu berlebih. Design atap itu bisa jadi miring tapi tingkat kemiringannya masih tetap simetris.

Implementasi design yang sederhana dan simetris akan membuat rumah makin aesthetic dan instagramable. Design atap rumah minimalis mempunyai tingkat seni tinggi serta lebih kekinian. Design ini semakin lebih bertahan di dalam sekian tahun di depan dibanding dengan mode atap rumah konservatif. Bila Anda inginkan tempat tinggal dengan design kekinian, benar-benar dianjurkan supaya Anda ikuti trend design atap rumah minimalis.

Beberapa dasawarsa lalu, warna atap rumah bisa bervariatif. Secara umum, atap rumah mempunyai warna merah. Bahkan juga, beberapa perusahaan yang menghasilkan darurat yang dibuat dari tanah liat membuat beberapa variasi warna yang dapat di kostumisasi sesuaikan warna cat rumah seperti biru dan hijau. Namun, hal itu cuman memiliki sifat trend sebentar. Atap warna merah sering menghias beragam rumah tapak pada beberapa dasawarsa paling akhir ini. Atap warna merah dibuat dari darurat tanah liat yang di cat warna merah. Bila keadaan darurat masih baru, biasanya memiliki warna merah maroon (merah tua). Makin lama warna darurat itu menghilang seperti warna batu bata.

Atap rumah yang alami peralihan design dan bahan baku, membuat warna atap rumah minimalis tak lagi beragam warna. Warna atap rumah minimalis biasanya cuman warna monochrome dan black and white, yaitu warna putih, abu-abu dan hitam. Ini ikuti aturan warna rumah minimalis yang dikuasai oleh warna putih, abu-abu dan hitam. Seringkali, atap dak yang dibuat dari semen itu tidak di cat ulangi atau cuman didiamkan sewarna dengan warna semen dan beton yang warna abu-abu. Warna monochrome dan black and white (BW) jadi trend warna atap rumah minimalis tahun 2021.

Makin kekinian sebuah tehnologi dan ilmu dan pengetahuan berkenaan konstruksi, trend atap tanah liat dipandang kurang efisien dan tidak cantik dilihat. Perubahan design minimalis berkembang demikian cepat sampai memengaruhi mode dan design atap rumah. Rumah tapak jaman saat ini biasanya mempunyai atap yang di dak (di cor) hingga dapat flat dan simetris. Keunggulan dari atap mode dak ialah dapat menjadi fasilitas wisata untuk jadi rooftop. Perubahan bahan baku dari tanah liat jadi dak dipandang cukup efisien dan percepat proses pembuatan rumah.

Atap rumah minimalis biasanya dibuat flat atau miring dengan argumen tertentu. Umumnya atap dengan design flat mempunyai tujuan untuk jadi rooftop. Berlainan hal dengan design atap rumah yang dibikin miring. Design atap rumah yang dibikin miring mempunyai tujuan untuk mempermudah air hujan mengucur dari atap ke bawah bisa lebih cepat. Tetapi, apa design atap miring lebih bagus dibanding design atap flat? Sudah pasti tidak. Tiap design mempunyai perannya tertentu. Sudah pasti kontraktor sudah pikirkan langkah supaya air masih tetap dapat mengucur ke bawah supaya tidak menggenangi atap rumah yang dibikin flat untuk jadi rooftop.

Apa Anda masih tetap menyenangi atap berupa segitiga seperti rumah konservatif tetapi ingin dengan sentuhan kekinian? Bila ya, karena itu design atap rumah mode pelana (segitiga) ialah jalan keluarnya. Pada intinya, mode atap rumah pelana sebagai old-fashioned yang disukai sampai sekarang ini. Atap rumah berupa segitiga dipandang bagus karena sebagai ciri-ciri sebuah rumah dari sejak jaman dulu. Sudah pasti Anda sudah tahu seperti apakah wujud atap rumah mode pelana.

Pilih design atap rumah mode pelana pada tahun 2021 bukan hal yang keliru. Dengan beragam sentuhan kekinian akan membuat rumah Anda masih tetap kekinian. Penyeleksian bahan baku bisa memengaruhi penampilan rumah Anda. Jauhi pemakaian genteng tanah liat berwarna-warni karena membuat penampilan rumah Anda jadi old-fashioned. Pakailah arsitektur kekinian dengan warna monochrome atau black and white supaya design atap yang old-fashioned dapat semakin modern.

Ray White mempunyai produk property dengan mode atap pelana tetapi dengan design minimalis kekinian. Direncanakan oleh arsitek terkenal dan dibuat oleh Lippo Grup, developer property terkenal dengan portofolio produk property yang menyebar di Koridor Timur dan Koridor Barat. Rumah minimalis itu diperlengkapi dengan beragam sarana transportasi Transit Oriented Development (TOD) (TOD) dan beberapa langkah ke pusat usaha. Rolling Hills adalah contoh property minimalis modern yang paling dapat dijangkau dan memakai atap rumah mode pelana namun tetap kekinian dan modis.

Selainnya design atap rumah mode pelana, ada design atap rumah saltbox. Wujud segitiga seperti design atap rumah pelana. Namun sedikit terdapat ketidaksamaan. Bedanya ialah bila atap mode pelana mempunyai wujud segitiga yang serupa kaki, karena itu atap rumah design saltbox mempunyai design sama segitiga, tetapi salah satunya seginya mempunyai sektor yang panjang dan salah satunya seginya mempunyai sektor yang lebih pendek.

Salah satunya ciri-ciri design atap rumah ialah mempunyai tingkat kemiringan di mana kemiringan itu cuman terdiri pada satu segi dan tidak menempel pada permukaan atap yang lain. Design atap mono-pitched cuman mempunyai 1 (satu) buat atap yang mempunyai tingkat kemiringan sekitaran 30 derajat. Secara umum, atap rumah mode mono-pitched dipakai pada rumah minimalis kekinian supaya makin kelihatan kekinian dan anti-mainstream.

Arah atap rumah mono-pitched dibikin miring ialah ada ruang ceiling yang semakin tinggi pada satu segi. Ini supaya cahaya matahari dapat masuk lewat langit-langit paling tinggi yang ditutup dengan kaca atau dibikin sirkulasi untuk memudahkan sinar matahari masuk ke rumah. Sinar matahari yang masuk benar-benar baik untuk kesehatan karena akan kurangi tingkat kelembapan interior rumah Anda.

Design atap rumah mono-pitched mempunyai beragam nama atau istilah seperti atap shed roof dan atap gudang. Tidak ketidaksamaan di antara atap mode mono-pitched dengan atap shed roof atau atap gudang. Cuman pemberian namanya saja yang lain, tapi design yang diterapkan sama. Hal itu bergantung pada opsi penyebutannya saja.

Apa Anda baru pernah ketahui jika ada design atap rumah butterfly roof (mode kupu-kupu)? Bila Anda baru pernah dengar istilah itu, karena itu berikut penuturannya. Bila Anda pernah menyaksikan kupu-kupu sedang terbang, karena itu tempatnya seperti segitiga kebalik. Mode atap butterfly roof pada intinya mempunyai kemiringan seperti mono-pitched roof, namun bila atap mono-pitched roof cuman mempunyai 1 (satu) segi kemiringan, karena itu butterfly roof mempunyai 2 (dua) segi kemiringan di mana salah satunya atap akan meruncing ke atas dan atas yang miring satunya ada dibawahnya dan disamping kebalikannya.

Mode atap butterfly roof mempunyai kemiripan design seperti Skillion Roof dan Lean to Roof. Tidak ada ketidaksamaan antara ke-3 nya hanya karena berlainan di istilah penyebutannya saja.

Salah satunya ciri-ciri mode atap rumah minimalis ialah mode datar atau flat roof. Mode atap rumah flat roof benar-benar dicintai oleh beberapa orang karena bentuknya yang sederhana, "tidak macam-macam" dan clean. Atap rumah mode flat roof disukai oleh pemilik property karena karakternya yang multi-fungsi. Secara umum, pemilik property yang membuat flat roof ialah seorang yang menyenangi rumah yang simetris dan tidak sukai suatu hal yang "berlainan" seperti kemiringan. Type itu ialah yang menyenangi geometris yang simetris dan lempeng-lurus saja.

Type ke-2  dari pemilik property yang menyenangi tipe flat roof ialah karena ingin menjadikan sebagai rooftop untuk dapur terbuka dan tempat wisata simpel. Seringkali, ada pula pemilik property yang membuat kolam renang di rooftop. Ada pula pemilik property membuat rooftop sebagai taman minimalis komplet dengan ayunan atau pergola mini untuk santai dan melepaskan capek dari padatnya kegiatan harian. Bila Anda berminat untuk mempunyai rooftop pada tempat tinggal Anda, karena itu bikinlah atap rumah Anda dengan mode flat roof supaya bisa diubah sebagai rooftop.

Tidak berasa jika kita sudah masuk bulan September 2021. Bulan di mana kita sudah masuk musim penghujan. Sama seperti yang kita kenali, atap sebagai elemen khusus yang membuat perlindungan Anda dari hujan. Karena itu, yakinkan Anda sudah lakukan pengujian pada atap Anda. Lakukan pengujian atap untuk mengecek adakah sisi yang bocor atau perlu diperbarui. Kerjakan pembaruan selekasnya supaya Anda masih tetap nyaman dan tenang sepanjang musim penghujan.

Hal khusus yang perlu dilaksanakan ialah yakinkan Anda sudah memberinya susunan waterproof. Program susunan waterproof sebagai salah satunya langkah untuk menambal sisi bocor pada atap rumah. Pemakaian waterproof bukan hanya dilaksanakan sesudah berlangsungnya kebocoran, tapi bisa dilaksanakan sebagai perlakuan protektif dari kebocoran atap rumah.

Sering pemilik rumah, Anda kurang memerhatikan keadaan atap rumah. Atap rumah sering alami kerusakan karena terus-terusan terkena cahaya matahari, meredam hempasan angin dan tingginya intensif hujan. Oleh karenanya, kerjakan pengujian atap rumah secara periodik. Sering darurat rumah alami perpecahan atau perubahan. Ini mengakibatkan kebocoran pada atap rumah. Selekasnya benahi atap yang hancur itu saat sebelum masuk musim penghujan.

Melapis atap dengan plastik bisa menjadi jalan keluar untuk menahan air jatuh ke langit-langit rumah lewat celah-celah paling kecil pada atap. Air yang jatuh lewat celah-celah kecil itu mempunyai potensi untuk menggenangi plafon dan mengakibatkan kelembapan. Hal itu bisa membuat atap rumah jadi lapuk dan alami kebocoran.

Kadang pemicu kebocoran atap ialah karena air hujan tidak dapat turun ke bawah lewat pipa talang air karena talang air yang mampet karena sampah dedaunan. Endapan itu membuat air terus ada di atap sampai akhirnya merembes ke langit-langit rumah.

Kelembapan udara di rumah bisa membuat plafon atap rumah jadi lapuk. Benar-benar dianjurkan bila Anda membuat sirkulasi supaya cahaya matahari dan angin segar dapat masuk ke rumah. Ini akan kurangi kelembapan udara dan membuat atap rumah jadi lebih tahan dari kebocoran.

Anda dapat memakai jasa tukang bangunan keyakinan Anda untuk membenahi atap rumah yang bocor. Tidak boleh melakukan sendiri apa lagi bila Anda tak pernah melakukan. Hal itu akan jadi parah keadaan atap rumah Anda. Tetapi, bila Anda memerlukan jasa agen property terbaik di Indonesia, Ray White jawabnya.

Ray White ialah agen property terbaik di Indonesia. Sebagai pasar leader agen property di Indonesia, Ray White mempunyai jaringan usaha yang menyebar di 25 kota besar di Indonesia. Disamping itu, jaringan usaha Ray White bukan hanya di Indonesia saja tetapi meliputi Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Peroleh listing property primary dan secondary terkomplet cuman di Ray White.


Komentar