Langsung ke konten utama

Gorong-Gorong Beton

Gorong-gorong beton sering penggunaanyai untuk beragam kepentingan. Perubahan tehnologi beton munculkan tipe gorong-gorong yang lebih berkualitas, tahan lama, dan efektif banding material konservatif seperti batu kali.

Buis Beton

Salah satunya tipe gorong-gorong yang sering penggunaanya ialah buis beton. Tipe gorong-gorong beton ini sebagai yang paling tua antara tipe yang lain karena telah banyak terkenal jauh saat sebelum tahun 1984.

Dulu pembikinannya terlaksana dengan manual, yakni dengan membuat 2 buah cetakan lingkaran untuk membuat batasan luar dan dalamnya. Selanjutnya, kombinasi pasir dan semen ke dalamnya.

Bersamaan dengan perubahan tehnologi, sekarang buis beton produksi oleh pabrik, baik tanpa atau dengan besi tulangan dalamnya. Buis beton mempunyai wujud dasar lingkaran, hingga kerap penyebutannya pipa beton. Ada yang berupa lingkaran penuh.


Gorong-Gorong Beton buis beton

Tetapi, ada pula yang berupa 1/2 lingkaran. Gorong-gorong Beton ini berdiameter dan kedalaman yang bervariatif. Diameter buis beton ada dalam range 20 sampai 150 cm. Dalam pada itu, panjangnya ada yang 50 dan 100 cm.

Gorong-gorong beton tipe ini kerap penggunaanya untuk beragam kepentingan. Satu antaranya ialah aliran air yang tertanam. Untuk penempatan aliran air di bawah jalan yang terlewati kendaraan berat, umumnya buis beton yang terpakai ialah yang pakai tulangan.

Dalam pada itu, yang tanpa tulangan kerap pemakaian sebagai aliran air pada pinggir jalan kendaraan enteng. Selainnya sebagai aliran air, buis beton penggunaanya untuk beberapa kepentingan, seperti septic tank, sumur air dan sumur serapan, dasar bangunan, sampai alternatif pot di taman.

Box Culvert

Tipe gorong-gorong beton yang lain ialah box culvert. Sesuai namanya, aliran ini mempunyai wujud segi-empat, terbuat dari beton dengan tulangan hingga lebih kuat dan kuat meredam beban. Box culvert mempunyai sisi yang namanya spigot dan soket.

Sisi ini pemakaian untuk menyambung setiap elemen gorong-gorong supaya dapat terus bersatu walau terjadi gerakan pada tanah.Selain itu, sisi ini menghindari air tanah masuk ke, hingga benar-benar pas untuk digunakan sebagai aliran air.

Selainnya aliran air, gorong-gorong box culvert ini penggunaanya untuk beberapa hal, antaranya saluran buangan, jembatan, terowong, sampai lorong bawah tanah. Gorong-gorong yang butuhkan dapat terbuat dari beragam ukuran sesuai medannya.

Ukuran box culvert beton siap gunakan (precast) secara umum sekitar di antara 40 x 40 cm sampai 200 x 200 cm dengan panjang 100 cm. Box culvert dapat pembuatanya dengan lakukan pengecoran langsung pada tempat konstruksi supaya ukuran sesuai keperluan.

Tetapi, untuk beberapa project seperti perbaikan jalan, ini malah bisa menghalangi jalan raya. Pemakaian gorong-gorong precast benar-benar menolong proses pembangunan jadi lebih cepat dan ekonomis.

Sama dengan box culvert, U-Ditch sebagai tipe saluran beton yang terbuka di bagian atasnya, hingga membuat huruf U. Penyuplai gorong-gorong precast umumnya sediakan tutup dengan beragam ukuran dan ketahanan.

Dimensi gorong-gorong Beton bervariatif mulai ukuran 30 x 30 cm sampai 120 x 120 cm dengan panjang 120 cm. Tipe aliran yang terbuat dari beton ini kerap penggunaanya untuk aliran air, baik di jalan raya, perumahan, dan lain-lain.

Kehadiran penutupnya benar-benar mempermudah proses pengecekan dan perawatan sepanjang pemakaian. Proses pembersihan aliran bermaterial yang menutup jadi lebih gampang. Ini jadikan uditch cukup terkenal.

Itu keterangan sekitar info Tipe gorong-gorong beton pracetak. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambahkan pengetahuan kita berkenaan material beton pracetak.

Bagaimana Kami Bisa Menolong Anda?Info produk gorong-gorong Beton dan langkah pemesanan, kontak kami lewat WhatsApp!

Tag

Sumber : Tokopedia

http://pavingblockharga.com/

http://pavingblockharga.com/2021/09/15/gorong-gorong-beton

Penelusuran terkait

ukuran gorong-gorong betonharga gorong gorong beton bulatharga gorong gorong saluran airharga gorong gorong betonharga gorong gorong 30 cmgorong gorong beton terdekatharga gorong gorong sumurharga gorong gorong 80 cm

Komentar