Langsung ke konten utama

Jenis2 aspal dan Manfaatnya

Jenis2 aspal dan Manfaatnya – Pada artikel ini saya akan share info yang memikat mengenai pengetahuan beberapa jenis aspal dan perannya. Aspal sebagai bahan baku yang pakai untuk membikin beragam Kombinasi hot mix seperti AC-BC, Ac-Base, dan Ac-WC. Kombinasi aspal juga bervariatif bergantung dari rencana tugas jalan. Pembikinan hotmix biasa terlaksanakan di AMP atau Asphalt Mixing Plant. Aspal sebagai material khusus yang cukup mahal. Karena Itu pemrosesan material aspal harus betul – betul perhitungan khususnya saat perkiraan keperluan aspal pada project Jalan.

Pengertian Aspal

Menurut Wikipedia, Aspal ialah bahan hidro Karbon yang memiliki sifat menempel (adhesive), warna hitam kecoklat-coklatan, tahan pada air, dan Viskoelastis. Aspal kerap penyebutkan bitumen, bitumen sebagai bahan pengikat pada Kombinasi beraspal yang gunannya sebagai lapis pengerasan lentur.

Aspal berperan sebagai perekat antara agregat hingga membuat beton aspal. Beton aspal ini pakai sebagai susunan khusus pengerasan Jalan fleksibel.


Jenis2 aspal dan Manfaatnya

Beberapa jenis aspal dan perannya

Berikut Jenis2 aspal dan Manfaatnya yang berada di Indonesia

Aspal Alam

Aspal alam ialah aspal yang berasal langsung dari alam tanpa melalui rangkaian proses pemrosesan yang sulit. Aspal alam yang berupa bebatuan terdapat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Aspal alam yang memiliki sifat plastis dapat temukan di Danau Pitch, Republik Trinidad. Sedang aspal yang mempunyai bentuk ada di sekitaran perairan segitiga Bermuda. Berlainan dengan segitiga Bermuda yang memiliki kandungan aspal murni, kandungan aspal yang ada di Pulau Buton dan Danau Pitch tidak murni dan tercampur dengan mineral lainnya.

Aspal Buatan

Aspal bikinan ialah aspal yang terbuat dari minyak bumi yang pengolahan dengan Sistem tertentu Yang relatif sulit. proses pembikinan aspal biasa kerjakan di industri khusus pembikinan aspal. Umumnya ada tipe aspal bikinan yang kerap gunakan di lndonesia antaranya:

Aspal Keras

ASPAL KERAS ialah aspal yang memiliki tingkat Kekerasan yang tinggi. Penetratif dari aspal Keras sekitar di antara 60-80. Aspal keras ini umumnya penggunaanya untuk Kombinasi hotmix pengerasan jalan aspal.

Aspal Cair


ASPAL CAIR ialah aspal yang berupa cair. Aspal cair ini berperan sebagai bahan pengerasan jalan mencakup lapis serap pengikat (primecoat) dengan aspal type MC-30, MC-70 atau MC-250.Selain itu pemakaianya untuk lapis pengikat ( tack coat) dengan type RC-70 atau RC-250.

Aspal Emulsi


ASPAL EMULSI ialah aspal yang berupa keras yang di dispersikan ke air atau aspal cair yang padatkan menggunakan bahan pengemulsi. Dari hasil proses itu ialah memiliki kandungan daya listrik positik (kationik), listrik negatif (anionik), dan tidak memiliki muatan listrik (nonionik). Kelebihan aspal emulsi dari aspal lainnya ialah gampang pemakaiannya, mempunyai daya ikat yang bagus dan tahan pada cuaca.


Tipe aspal yang pengunaanya benar-benar bergantung dari keadaan dan keperluan project. Pemakaian aspal harus sesuai proses supaya tidak memunculkan rengat – rengat rambut pada jalan aspal.Adapun peranan atau manfaat aspal ialah

Berperan untuk mengikat baru-batuan supaya tidak lepas dari permukaan Jalan, baik akibat karena beban jalan raya Atau kubangan air.
Aspal berperan sebagai bahar lapisan jalan dan, bahan pengikat agregat.
Aspal berperan sebagai bahan pengisi ruangan kosong yang t erdapat antara Formasi agregat Kasar, lembut dan folder.
Pemakaian aspal benar-benar sangat tentukan Kualitas dari project jalan. Selainnya bermaterial Aspal, kualitas Jalan juga bergantung Sistem penerapan seperti Langkah Pengerasan aspal.

Sebagai Info tambahan umumnya proyek memakai 2 Tipe aspal yakni aspal drum dan aspal curahan. Aspal drum berupa drum seperti gambar di atas. Umumnya berat satu drum sekitaran 170 -180 kg. Sedang aspal curahan berupa cairan. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan setiap.

Begitu keterangan mengenai Jenis2 aspal dan Manfaatnya. mudah-mudahan berguna.

Tag

Sumber : http://dinaspupr.bandaacehkota.go.id/

http://pavingblockharga.com/

http://pavingblockharga.com/2021/09/13/jenis2-aspal-dan-manfaatnya/

jenis aspal alam, jenis-jenis aspal hotmix, perbedaan aspal hotmix dan aspal biasa, fungsi aspal cair, cara menggunakan aspal cair, fungsi aspal, jenis aspal cair, aspal emulsi adalah

Komentar